BIMBIMBINGAN PENGAJUAN PROPOSAL PROGRAM KREATIFITAS MAHASISWA (PKM) TAHUN ANGGARAN 2020

0
361
views

Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) yang diluncurkan oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi pada tahun 2001 merupakan salah satu upaya untuk menumbuhkan, mewadahi, dan mewujudkan ide kreatif serta inovatif mahasiswa. PKM memberikan dampak terhadap peningkatan prestasi mahasiswa dan prestasi perguruan tinggi dalam pemeringkatan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Sejak diluncurkannya, PKM memperoleh respon positif, baik di kalangan mahasiswa maupun pimpinan perguruan tinggi. Hal ini tercermin dari bertambah banyaknya jumlah perguruan tinggi yang berpartisipasi dan proporsal yang diunggah mahasiswa

 

Kepala LPPM STMIK Lombok Bapak Wire Bagye, S.Kom.,M.Kom dan Mahasiswa/i STMIK Lombok 

Animo mahasiswa STMIK Lombok cukup tinggi untuk mengikuti kegianan PKM terbuti dengan jumlah peserta coaching klinik PKM Mahasiswa mataram yang diselenggarakan di kampus UNW. STMIK memebiayai pembayaran seminar sebanyak 4 orang mahasiswa namun peserta mahasiswa dari STMIK yang mengikuti kegiatan coaching klinik berjumlah 12 orang mahasiswa. Dalam rangka mendorong peningkatan jumlah pengajuan proposal maka STMIK Lombok mengadakan bimbingan dan dukugan teknis, alat, bahan penunjang kegiatan pengajuan proposal PKM Mahasiswa pembiayaan tahun 2020.

Setiap hari kepala LPPM STMIK Lombok (Bapak Wire Bagye, S.Kom.,M.Kom) membimbing mahasiswa dalam mempersipakan dan menyusun proposal pengajuan PKM, berkat kegigihan tersebut mahasiswa yang mengajukan proposal pada tahun ini meningkat dari tahun sebelumnya.

 

PKM secara umum bertujuan untuk memandu mahasiswa menjadi pribadi yang (1) tahu dan taat aturan; (2) kreatif, inovatif dan (3) objektif kooperatif dalam membangun keragaman intelektual.  PKM  menumbuh kembangkan HOTS (Higher Order Thinking Skills), Creative Thinking  melalui implementasi filosofi Tri Dharma Perguruan Tinggi yaitu (1) Pendidikan dan pengajaran; (2) Penelitian dan pengembangan; (3) Pengabdian kepada masyarakat. Tujuan kegiatan PKM STMIK Lombok adalah :

  1. Memberikan fasilitas akses seluasnya untuk mengajukan PKM.
  2. Wujud layanan kampus terhadap pengembangan kreativitas
  3. Upaya mengakomodasi perkembangan ide kreatif dan inovatif
  4. Melatih mahasiswa menghasikan proposal dan karya ilmiah secara

Manfaat dari kegiatan ini adalah :

  1. Memberikan pengalaman mahasiswa menghasikan proposal dan karya
  2. Memepertahankan dan atau meningkatkan klaster Perguruan Tinggi
  3. Menigkatkan hubungan emosional Dosen dengan
  4. Memberikan pengalaman mahasiswa dalam mengorganisasikan team.
  5. Mendapatkan pendanaan dan peluang mengikuti PIMNAS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here