Sejarah

STMIK Lombok merupakan sebuah Perguruan Tinggi Swasta Pertama berpusat di Praya. Lahir dalam kancah perjuangan membebaskan masyarakat Lombok Tengah khususnya dan Nusa Tenggara Barat pada umumnya dari keterbelakangan dan kemiskinan dibandingkan dengan daerah-daerah lain di Indonesia. Kelahiran Perguruan Tinggi ini juga selaras dengan dinamika perubahan sistem politik yang terjadi di Indonesia yang mengarah kepada demokratisasi, penegakan hukum, desentralisasi dan penyelenggaraan pemerintahan dengan prinsip-prinsip penyelenggaraan pemerintahan “good governance”
Dalam mewujudkan masyarakat Indonesia yang memiliki kemajuan dan kemandirian ekonomi, teknologi, sosial, politik dan pertahanan keamanan serta memiliki kehidupan selaras antara kehidupan materiel dan spiritual, demokratis serta berkeadilan, STMIK Lombok ikut mengambil bagian. STMIK Lombok didirikan atas komitmen bersama dari berbagai unsur lapisan masyarakat tanpa mengenal sekat dan perbedaan. Secara bersama-sama ingin mengangkat keterpurukan dan mengejar ketertinggalan dalam semua aspek kehidupan serta dapat ikut serta secara aktif dalam kancah kehidupan berbangsa dan bernegara memasuki abad ke 21 sebagai abad globalisasi dan keterbukaan.
Berdasarkan Statutanya, STMIK Lombok diselenggarakan atas dasar azas dan cita-cita kemanusiaan sebagai penjelmaan mutlak hakekat manusia dan cita-cita kemanusiaan yang bersifat kerokhanian tertinggi seperti yang tercantum di dalam Pancasila dan Pembukaan Undang-Undang dasar 1945 yang telah diadendum serta tercermin di dalam kebudayaan Bangsa Indonesia umumnya dan khususnya budaya setempat.
Sebagai lembaga pendidikan tertinggi di daerah STMIK Lombok bertugas membentuk dan menyambungkan kepribadian dan kemampuan manusia (SDM) seutuhnya, membina dan membentuk Iman dan ketaqwaan, ilmu pengetahuan dan teknologi, melestarikan dan mengembangkan secara ilmiah kebudayaan nasional dan daerah maupun Sumber Daya Manusia.
STMIK Lombok berorientasi kerakyatan, mengembangkan dan mengamalkan ilmu pengetahuan dan teknologi untuk diabdikan kepada peningkatan kesejahteraan rakyat dan peningkatan harkat dan martabatnya. Sejalan dengan arahan kebijakan pembangunan baik ditingkat nasional maupun di daerah khususnya dibidang pendidikan, bertujuan untuk menjawab permasalahan-permasalahan di daerah dengan meningkatkan keterkaitan dan kesepadanan antara pendidikan yang diselenggarakan dengan perkembangan pembangunan daerah terutama dalam pengentasan kemiskinan dan keterbelakangan.
Sebagai Lembaga Perguruan Tinggi Swasta yang relatif muda dalam suasana dinamika perubahan yang cepat, kurun perencanaan lebih difokuskan kepada upaya-upaya melengkapi dan mengadakan berbagai prasarana dan sarana pokok serta kelengkapan lainnya sebagaimana layaknya suatu perguruan tinggi. Penyusunannya mempergunakan pendekatan strategik untuk memberikan keluesan dan kecepatan mengatasi permasalahan-permasalahan yang dihadapi.
Melalui strategi-strategi pengembangan yang dirumuskan pada Rencana Pengembangan untuk 10 tahun kedepan, diharapkan STMIK Lombok melakukan langkah-langkah yang lebih terarah untuk merealisasikan cita-cita STMIK Lombok menjadi suatu lembaga pendidikan tinggi dan pusat keilmuwan yang Pancasilais, menguasai ilmu pengetahuan, teknologi dan humaniora menjunjung tinggi moralitas dan nilai-nilai luhur budaya bangsa dan tidak meninggalkan budaya setempat bertaqwa berdisiplin dan memiliki ketahanan pribadi yang tinggi untuk mengabdi pada suatu masyarakat yang semakin maju, terbuka dan sejahtera.
Rencana Pengembangan untuk 10 tahun ini merupakan pegangan dalam mendukung dan melaksanakan pembangunan nasional di daerah. Dengan memperhatikan kondisi internal dan kondisi eksternal, memperkirakan dan memprediksi perkembangan selama 10 tahun ini, dijabarkan wawasan misi, tujuan dan strategi pelaksanaannya.
Rencana Pengembangan 10 tahun ini ditujukan kepada segenap stakeholders kunci untuk dijadikan pegangan dalam usaha untuk mencapai Visi 2025, setiap elemen di lingkungan STMIK Lombok harus secara serius menerjemahkan strategi-strategi pengembangan, pengembangan STMIK Lombok ke dalam program-program spesifik guna menjadikan STMIK Lombok sebagai suatu lembaga pendidikan tinggi di daerah yang unggul dan menjadi kebanggaan segenap warga STMIK Lombok, juga bagi masyarakat Lombok Tengah khususnya dan Nusa Tenggara Barat pada umumnya. Setiap unsur Pimpinan STMIK Lombok, Program Studi, Lembaga dan unit-unit kerja lainnya mempedomani Rencana Pengembangan jangka menengah ini dalam penyusunan kegiatannya.
Adapun sebagai dasar dari penyelenggaraan pendidikan di STMIK Lombok yaitu Ijin Operasional dari DIKTI, Departemen Pendidikan Nasional keluar pada tanggal 30 Desember 2004, dengan Nomor : 201/D/O/2004, selanjutnya pada tahun 2009 STMIK Lombok mendapatkan perpanjangan ijin operasional dari DIKTI melalui Kopertis Wilayah VIII Denpasar, untuk Program Studi Sistem Informasi dengan no : 3511/D/T/K-VIII/2009, pada tanggal 30 Desember 2009. Sedangkan Program Studi Teknik Informatika mendapat perpanjangan ijin operasionalnya pada tgl 8 Januari 2010 dengan nomor : 1051/D/T/K-VIII/2010.

ARSIP BERITA