SMS Gateway Sebagai Sarana Untuk Menyampaikan Informasi Kegiatan Peserta Calon Anggota Polri

0
4
views

Rancang Bangun Sistem Informasi Short Message Service (SMS) Gateway untuk Informasi kegiatan peserta calon anggota Polri pada Biro Sumber Daya Manusia (SDM) POLDA NTB. Adapun manfaat dari sistem yang dibuat ini untuk mempermudah calon anggota polri untuk mendapatkan informasi tentang kegiatan yang akan dilaksanakan selama proses penyeleksian calon anggota polri dan juga anggota Bagian Pengendalian Personil (BAGDALPERS) di Biro SDM Polda NTB untuk menyampaikan informasi-informasi terkait dengan penyeleksian calon anggota polri.

Guruh Tilar Negara, menjadikan hal diatas sebagai alasan melakukan penelitian Tugas Akhir sebagai mahasiswa STMIK Lombok konsentrasi Teknik Informatika. Pemilihan teknologi SMS Gateway pada penelitiannya ini dikarenakan keluasan jangkauan signal dari Handphone yang sudah menjadi kecenderungan dimiliki setiap orang. Salah satu permasalahan yang dihadapi baik pada Biro SDM maupun calon anggota polri adalah ketika pimpinan memberikan perintah secara mendadak dan pada saat memasuki waktu untuk kumpul ada juga yang telat hadir bahkan tidak hadir sesuai dengan waktu yang telah ditentukan sebelumnya. “Salah satu penyebab keterlambatan kami pada waktu-waktu tertentu adalah karna keterlambatan kami dalam menerima informasi” ujar salah satu anggota polri ketika diwawancari.

Mahasiswa asal Batu Nampar, Lombok Timur ini menambahkan “Perkembangan Teknologi SMS Gateway ini sangat mendukung kelancaran kegiatan selama proses penyeleksian anggota polri dikarenakan dengan keadaan geografis para calon anggota polri yang tidak semuanya bisa terjangkau dengan signal internet. Dalam penelitian ini saya menggunakan metode perancangan Extreme Programming (XP) yang dilengkapi dengan bahasa pemodelan Unified Modeling Language (UML) karena sudah berbasis Oriented Programming”.

Menurut Kepala Biro SDM POLDA NTB dalam tahap uji coba sampai dengan tahap Implementasi dapat berjalan sesuai dengan yang diharapkan karena sudah tidak lagi dilakukan dengan cara meneruskan pesan informasi kepada anggota-anggota BAGDALPERS yang lain sebelum calon anggota polri mendapatkan pesan informasi tentang kegiatan penyeleksian anggota polri sehingga dalam hal ini teknologi SMS Gateway layak untuk diterapkan sebagai sarana untuk menyampaikan pesan atau informasi kepada yang bersangkutan.

“Namun perjuangan saya dalam menempuh studi S1 Teknik Informatika ini, semua tidak lepas dari dukungan dan bantuan dari bapak Ahmad Susan Pardiansyah, M.Kom dan Khairul Imtihan, M.Kom selaku pembimbing saya yang sangat membantu dalam proses menyelesaikan penelitian ini, para dosen penguji bapak Sofiansyah Fadli, M.Kom, Hairul Fahmi, M.Kom, dan Maemun Saleh, S.Kom yang telah banyak memberikan masukan, saran dan arahan guna penyempurnaan aplikasi sms gateway ini” pungkas Guruh.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here