Search
Close this search box.

DIGITALISASI DESA DAN UMKM MELALUI PELAKSANAAN KULIAH KERJA NYATA (KKN) ANGKATAN XVI TAHUN 2023

Kuliah Kerja Nyata KKN XVI STMIK Lombok Tahun 2023 Wujudkan Digitalisasi Desa dan UMKM Pada 8 (Delapan) Desa dikabupaten Lombok Tengah.

Digitalisasi desa ditetapkan menjadi tema besar pada KKN XVI tahun 2023 dengan melihat potensi jaringan internet, kepemilikan perangkat digital baik komputer maupun smartphone, serta perencanaan desa yang dituangkan dalam RPJMDes. Desa digital merupakan pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi yang terintegrasi dalam pelayanan publik. Digitalisasi desa dalam upaya mempercepat arus transformasi informasi dan layanan pemerintah menjadi sebuah keharusan pada era digital saat ini. Bentuk kongkrit digitalisasi desa oleh mahasiswa KKN STMIK Lombok dengan mengembangkan Aplikasi pelalayanan berbasis Web, pengembangan Web desa dan Mengelola isi halaman web. Digitalisasi desa ditunjang juga dengan kegiatan pelatihan kepada pengguna layanan kepada unsur pemerintah desa dan masyarakat calon pengguna.

Digitalisasi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) menjadi salah satu prioritas karena UMKM memiliki peran signifikan pada peningkatan ekonomi tngkat pedesaan. Seiring dengan berjalan waktu, UMKM telah berkembang dari segi jumlah dan bidang usaha. Digitalisasi pada Sektor UMKM dapat dilakukan pada kegiatan produksi dan paska produksi. Bentuk digitalisasi UMKM dengan mengadakan pelatihan pembuatan konten produk, promosi digital, serta penjualan digital.

Kuliah Kerja Nyata KKN XVI STMIK Lombok Tahun 2023 dalam rangka mendukung program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM). MBKM sebagai wujud pengakuan institusi dalam kegiatan mahasiswa membangun Desa lokasi KKN. Capaian kegiatan mahasiswa dalam pelaksanaan tema kegiatan dapat dihitung menjadi capaikan matakuliah terkait.

Kuliah Kerja Nyata (KKN) angkatan ke XVI tahun 2023 STMIK Lombok dilaksanakan dimulai tanggal 24 Juli 2023 selama delapan (8) Minggu sampai 23 September 2023. Jumlah Mahasiswa yang melaksanakan KKN Sejumlah Enam Puluh Sembilan (69) yang terdiri dari  33 Mahasiswa dan 36 Mahasiswi. Mahasiswa peserta KKN dibagi menjadi delapan kelompok lokasi yang beranggotakan 8 dan 9 orang mahasiswa pada setiap kelompok. Sebaran lokasi Desa pelaksanaan KKN pada delapan (8) Desa dikabupaten Lombok tengah.  Yaitu :

  1. Desa Darmaji Sejumlah 9 Mahasiswa dengan Dosen Pembimbing Lalu Mutawalli, S.Kom.,.M.IKom.,M.Kom
  2. Desa Kerembong Sejumlah 9 Mahasiswa dengan Dosen Pembimbing Ahmad Tantoni, S.Kom.,M.Kom
  3. Desa Saba Sejumlah 9 Mahasiswa dengan Dosen Pembimbing Mardi, S.Kom.,M.Ak
  4. Desa Mertak Sejumlah 9 Mahasiswa dengan Dosen Pembimbing  Saikin, S.Kom.,M.Kom
  5. Desa Langko Sejumlah 9 Mahasiswa dengan Dosen Pembimbing  Muhammad Fauzi Zulkarnaen, ST.,M.Eng
  6. Desa Sukaraja Sejumlah 8 Mahasiswa dengan Dosen Pembimbing  Hairul Fahmi, S.Kom.,M.Kom
  7. Desa Marong Sejumlah 8 Mahasiswa dengan Dosen Pembimbing Maemun Saleh, S.Kom.,M.Kom
  8. Desa Kidang Sejumlah 8 Mahasiswa dengan Dosen Pembimbing Jihadul Akbar, S.Kom.,M.Kom

CFDFFF

Berita Terakhir

Follow Us