Capaian Pembelajaran Lulusan Prodi Teknik Informatika STMIK Lombok
CPL Prodi adalah CPL yang dirumuskan berdasarkan CPL SN-DIKTI. Program Studi wajib melengkapi CPL Program Studi berdasarkan ringkasan CPL sesuai ranah praktik program studi (domain of practice).
No | Kode CPL | Deskripsi CPL | Keterangan |
1 | CPL01 | Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, taat hukum, dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat danbernegara. | Pilihan, disusun berdasarkanpada unsur SIKAP yang ada diSN Dikti dan NilaiInstitusi/Universitas |
2 | CPL02 | Menunjukkan sikap profesional dalam bentuk kepatuhan pada etika profesi, kemampuan bekerjasama dalam tim multidisiplin, pemahaman tentang pembelajaran sepanjang hayat, dan respon terhadap isu sosial dan perkembangan teknologi. | |
3 | CPL03 | Memiliki pengetahuan yang memadai terkait cara kerja sistem komputer dan mampu menerapkan/menggunakan berbagai algoritma/metode untuk memecahkan masalah pada suatu organisasi. | Wajib |
4 | CPL04 | Memiliki kompetensi untuk menganalisis persoalan computing yang kompleks untuk mengidentifikasi solusi pengelolaan proyek teknologi bidang informatika/ilmu komputer dengan mempertimbangkan wawasan perkembangan ilmu transdisiplin | Wajib |
5 | CPL05 | Menguasai konsep teoritis bidang pengetahuan Ilmu Komputer/Informatika dalam mendesain dan mensimulasikan aplikasi teknologi multi-platform yang relevan dengan kebutuhan industri dan masyarakat. | Wajib |
6 | CPL06 | Memiliki kemampuan (pengelolaan) manajerial tim dan kerja sama (team work), manajemen diri, mampu berkomunikasi baik lisan maupun tertulis dengan baik dan mampu melakukan presentasi. | Pilihan, disusun berdasarkanpada unsur KETERAMPILAN UMUMyang ada di SN Dikti |
7 | CPL07 | Menyusun deskripsi saintifik hasil kajian implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan teknologi dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir atau artikel ilmiah. | |
8 | CPL08 | Kemampuan mengimplementasi kebutuhan computing dengan mempertimbangkan berbagai metode/algoritma yang sesuai. | Wajib |
9 | CPL09 | Kemampuan menganalisis, merancang, membuat dan mengevaluasi user interface dan aplikasi interaktif dengan mempertimbangkan kebutuhan pengguna dan perkembangan ilmu transdisiplin. | Wajib |
10 | CPL10 | Kemampuan mendesain, mengimplementasi dan mengevaluasi solusi berbasis computing | Wajib |
11 | CPL11 | Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan. | Pilihan, disusun berdasarkan pada unsur SIKAP yang ada di SN Dikti dan NilaiInstitusi/Universitas |
12 | CPL12 | Mempunyai kemampuan dalam mendefinisikan kebutuhan pengguna atau pasar terhadap kinerja (menganalisis, mengevaluasi dan mengembangkan) algoritma/metode berbasis komputer. | Pilihan, disusun berdasarkan pada unsur KETERAMPILANUMUM yang ada di SN Dikti |
13 | CPL13 | Mempunyai pengetahuan dalam mengembangkan algoritma/ metode yang diimplementasikan dalam perangkat lunak berbasis komputer. | Pilihan, disusun berdasarkan pada unsur PENGETAHUAN yangada di KKNI INFOKOM |
14 | CPL14 | Mampu merancang dan mengembangkan algoritma untuk berbagai keperluan seperti Network Security, Data Compression Multimedia Technologies, Mobile Computing Intelligent Systems, Information Management, Algorithms and Complexity, Human- Computer Interaction, Graphics and Visual Computing.(Spesifik pada masing-masing program studi, sesuai dengan profil lulusan dan SDM) | Pilihan, disusun berdasarkan pada unsur KETERAMPILANKHUSUS yang ada di KKNI Infokom |
15 | CPL15 | Mengidentifikasi dan menganalisis kebutuhan-kebutuhan pengguna dan mempertimbangkannya dalam memilih, membuat, mengintegrasi, mengevaluasi, dan mengadministrasi sistem berbasis computing. | Pilihan, disusun berdasarkan pada unsur KETERAMPILANKHUSUS yang ada di IABEE |