Seminar “Bisnis Mudah dan Kreatif untuk Bersaing di Era Industri 4.0” Sebagai Rangkain Kegiatan OPKMB Tahun 2019

0
64
views

BISNIS MUDAH DAN KREATIF

Praya. – Dalam paparannya “Membuka usaha tentu bukan hal mudah, anda perlu memikirkan dengan matang, produk atau jasa apa yang akan dijual, target pasarnya, strategi pemasaran, sampai keunikan/ciri khas yang menjadi pembeda dengan kompetitor anda. Dalam hal ini, anda juga harus pandai melihat dengan jeli peluang usaha apa yang pas, tidak hanya sekedar ikut tren pasar, booming sesaat, lalu mati. “Modal bukanlah faktor utama penentu bisnis itu maju” Demikian diungkapkan Kepala Program Studi Teknik Informatika STMIK Lombok, Sofiansyah Fadli, pada seminar “Bisnis Mudah dan Kreatif untuk Bersaing di Era Industri 4.0”, di Aula Kampus STMIK Lombok, Selasa (17/9/2019) diselenggarakan oleh Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) STMIK Lombok sebagai rangkaian kegiatan OPKMB.

Menurut dia, menjadi pengusaha memang tidak mudah, anda akan menemui berbagai tantangan yang bahkan belum pernah anda hadapi sebelumnya. Bagaimana jeli melihat pasar, beradaptasi terhadap perubahan, memuaskan pelanggan, hingga bagaimana memasarkan produk yang dimiliki. Pertanyaan semacam itu terus menghantui orang-orang yang ingin memulai suatu usaha. “Ide peluang bisnis bisa datang dari mana saja, termasuk di sekitar anda. Ingat, semua itu harus diiringi dengan keinginan, ketekunan, kerja keras, kreatif dan inovatif. Tanpa itu semua, mustahil usaha anda akan bertahan.” tutur Sofian.

Padahal, kebanyakan pengusaha yang sukses lahir dari sebuah kenekatan. Mereka hanya bermodalkan tekad dan visi untuk bisa menjawab semua pertanyaan-pertanyaan itu. pekerjaan yang tidak bisa diambil alih oleh mesin, yaitu bidang-bidang pekerjaan yang membutuhkan leadership, nurani, dan kreativitas yang hanya dimiliki oleh manusia. Salah satu bidang pekerjaan yang memiliki ketiga hal tersebut adalah usaha kreatif. Usaha yang bergerak didasarkan oleh kemampuan manusia untuk mengolah informasi, melihat peluang dan berpikir kreatif karena usaha kreatif akan selalu relevan dengan perkembangan zaman

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here